Saturday, March 10, 2007

Awas! Virus Komputer Lumpuhkan Printer


Awas! Virus Komputer Lumpuhkan Printer Beredar di Jakarta Wicaksono Hidayat - detikInet
Jakarta, Virus komputer yang bisa melumpuhkan printer diketahui mulai menyebar di Jakarta. Siapkan antivirus Anda!
Seorang pembaca detikINET menyampaikan kekhawatirannya mengenai virus yang melumpuhkan printer. "Kejadian mulai dari Jumat lalu (22/2/2007), di mana shared printer di kantor tidak dapat melakukan printing. Hingga dokumen dibawa langsung di server tempat printer tersebut terpasang untuk melakukan printing dan selalu 'Error-Printing'," tutur pembaca bernama Saftari itu.
Saftari menuturkan kantor tempatnya bekerja bahkan rela membeli printer baru karena mengira masalah terletak pada printer yang lama. "Ternyata sama saja. Awalnya terdeteksi, namun setelah itu tidak dapat melakukan printing. Jadi printer baru tersebut tidak bisa digunakan sama sekali," ia menambahkan.
Melihat gejala yang terjadi analis antivirus dari Vaksincom, Alfons Tanudjaya, yakin itu adalah sebentuk virus atau program jahat yang menyerang komputer. "Menurut pantauan terakhir, virus yang kemungkinan besar menyerang dan melumpuhkan printer adalah virus dengan nama W32/VBTroj.FJA," ujarnya kepada detikINET, Rabu (28/2/2007).
Namun demikian, Alfons belum bisa memberikan keterangan lebih rinci mengenai virus tersebut. Pihaknya, ujar Alfons, masih melakukan analisis dan pengujian. Diperkirakan hal itu akan selesai dalam waktu 1-2 hari lagi.
Sementara ini, Alfons menyarankan pengguna komputer untuk menggunakan software anti virus dengan database terbaru untuk mendeteksi dan membasmi virus tersebut.(wsh/ash)

No comments: