Friday, April 06, 2007

JIKA MESIN KENDARAAN TIBA-TIBA MATI DITENGAH REL KERETA


Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati di lintasan relkereta api sulit dihidupkan lagi ? Ternyata itu disebabkan adanyapengaruh gesekan antara roda kereta dengan relnya. "Jadi, bukansemata-mata karena sopirnya gugup sehingga tidakbisa menghidupkan mesin kendaraannya, " kata Dr Ir. Djoko Sungkono,kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya(ITS).Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor tiba-tiba mati mesinnyasaat melintas di atas rel kereta api. Itu terjadi terutama ketika adakereta yang mau lewat. Pengendaranya kesulitan menghidupkan kembali mesinkendaraannya itu. Akibatnya, kendaraan bermotor itu ditabrak kereta dalamhitungan sekian puluh detik berikutnya.Kasus terbaru adalah seperti yang dialami Rektor dan Pembantu Rektor IIIUniversitas Islam Darul Ulum Lamongan. Keduanya tewas karena mobil yangsedang melintas rel dihantam kereta api. Djoko lalu mengingatkan, jikamesin mobil tiba-tiba mati di atas rel, maka hendaknya penumpangnya segerakeluar dan mendorongnya. Jika tidak, akan sangat membahayakan jika keretasegera lewat. Dan jangan berusaha menghidupkan mesin! Yang anda lakukanadalah, keluar! dan mendorongnya! Kalopun anda gak sempat mendorong,setidaknya anda sudah berada diluar kendaraan dan bisasewaktu-waktu lari menghindar.Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan? Kata Djoko, terjadi impedansiyang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya. Dan,impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati sulitmenyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil ataukendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakarsolar juga ada yang terpengaruh. "Pada kendaraan yang berbahan bakarbensin, starternya digerakkan oleh dinamo," paparnya. Dari dinamo inidihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djokomengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebuttidak mati. Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untukdihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yangdekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika keretaapi masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itumelintas rel.Jadi langkah terbaik yang harus dilakukan : dorong kendaraan ( kalaumobil, segera keluar dari kendaraan) anda dari rel kereta baru setelahitu coba hidupkan kembali mesin mobil anda.SEBARKANLAH PADA SAUDARA-SAUDARA KITA YANG LAIN !!

No comments: